Thursday, March 8, 2007

Perkembangan Teknologi Komunikasi






WEBCAM

Perkembangan teknologi komunikasi sekarang ini benar-benar berkembang semakin cepat. Kita dapat melihat beberapa teknologi komunikasi yang sekarang ini sedang berkembang seperti Handphone (mobile cellular) yang dalam beberapa bulan sekali muncul model-model terbaru yang tentunya memiliki fitur-fitur yang lebih canggih dari yang sebelumnya.

Tapi dalam hal ini saya tidak akan memaparkan mengenai handphone tersebut, tapi saya akan menjelaskan sebuah teknologi yang ada pada computer melalui media internet dan dapat melakukan sebuah komunikasi antar ruang yang berbeda melalui sebuah alat yaitu Webcam.

Webcam adalah Webcam (singkatan dari web camera) adalah sebutan bagi kamera real-time (bermakna keadaan pada saat ini juga) yang gambarnya bisa diakses atau dilihat melalui World Wide Web, program instant messaging, atau aplikasi video call. Istilah "webcam" juga merujuk kepada jenis kamera yang digunakan untuk keperluan ini. Webcam juga merupakan alat yang mempunyai optik atau sensor yang dapat merekam segala aktifitas kita (biasanya pada kegiatan chatting di internet) sehingga kita dapat melihat siapa yang sedang chat dengan kita, begitu juga sebaliknya.

Dalam hal ini komunikasi secara langsung dapat disampaikan, dengan adanya proses visualisasi yang ada pada webcam dan biasanya juga dibantu oleh fasilitas speaker dan mic yang ada pada komputer yang dapat mengolah audio, maka terjadilah sebuah komunikasi secara langsung terjadi walaupun dalam ruang yang berbeda sekalipun dan jarak yang jauh sekalipun.
Tetapi dalam kelebihannya sebagai alat komunikasi, webcam juga mempunyai kekurangan-kekurangan, seperti :
1 Tidak semua orang menggunakannya karena pengoperasiannya masih banyak belum diketahui dan rumit.
2 Harga dari webcam tersebut masih sulit dijangkau.
3 Kejahatan Cyber Sex juga dapat melalui Webcam.


Nama : Darwin
Nim : 153040005

No comments: